Gejala Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat tdak hanya menyerang  orang lanjut usia atau seseorang yang telah memiliki umur 30-40 tahun keatas saja, penyakit ini juga banyak menyerang pada remaja dewasa. Asam urat ditandai dengan rasa nyeri padapersendian dari organ tubuh tertentu yang terserang asam urat. Ciri-ciri dari seseorang yang menderita asam urat umumnya tidak dapat terdeteteksi begitu saja, Namun terdapat beberapa gejala yang dapat dirasakan, seperti rasa nyeri pada persendian, rasa ngilu bahkan pada beberapa bagian tubuh.

Asam urat masih termasuk dalam golongan penyakit reumatik (arthritis gout). Penyakit reumatik disebabkan oleh menigkatnya kadar asam urat di dalam darah sehingga menyebabkan terjadinya pengumpulan zat purin di dalam rongga persendian. Zat purin adalah suatu kandungan zat yang terdapat dalam berbagai jenis makanan yang dapat memicu timbulnya asam urat. Purin terbagi menjadi 3 golongan yaitu :  zat purin yang tinggi, purin sedang, purin rendah. Penyebab asam urat ini muncul dikarenakan pola hidup yang tidak sehat.

Gejala Asam Urat
1. Seringkali merasakan kesemutan dan linu pada persendian
2. Rasa nyeri  muncul terutama saat malam hari / saat bangun tidur pagi hari
3. Timbul rasa sakit dan pembengkakan di salah satu bagian tubuh.
4. Beberapa bagian tubuh yang diserang asam urat adalah siku, kaki, lutut ,pergelangan kaki atau tangan, dan punggung.

Apabila kadar asam urat diproduksi sudah berlebihan akan dikeluarkan melalui ginjal / urine. Namun seringkali ginjal tidak mampu membuang kadar asam urat secara optimal sehingga menyebabkan terjadinya penimbunan didalam darah. Oleh karenan itu dianjurkan mengurangi makanan yg mengandung Purin.

0 Response to "Gejala Penyakit Asam Urat"

Posting Komentar

wdcfawqafwef